TUGAS
III
PROMOSI
DAN PEMASARAN YANG BERETIKA
Langkah umumnya yang dilakukan oleh
perusahaan dalam menghasilkan pendapatan (revenue), sudah tentu dengan cara
beriklan. iklan atau sebuah promosi dalam hal ini menyangkut dalam bentuk
printed media seperti: koran, flyer, poster, dan lain sebagainya. bentuk iklan
yang lain juga seperti media Billboard, Mini Billboard, iklan di TV, radio, dan
internet juga merupakan salah satu bentuk iklan yang umum digunakan oleh
perusahaan-perusahaan penjual barang atau jasa. sesuai perkembangan jaman, saat
ini internet memegang peranan penting dalam pembentukan opini masyarakat,
dikarenakan lebih banyak segmen market saat ini yang menggunakan internet (baik
itu sosial media, blog, web portal, dan lain sebagainya).
Iklan memiliki dua fungsi yaitu iklan
sebagai fungsi informasi dan iklan sebagai fungsi persuasif. iklan dalam fungsi
informasi adalah menjelaskan suatu hal tentang produk atau servis dengan juga
menjelaskan keadaan dan fitur yang tersedia dalam produk atau servis tersebut.
iklan dalam fungsi persuasif artinya adalah iklan berperan membujuk orang
atau target konsumen agar membeli produk atau jasa yang diiklankan.
Harapan dari semua perusahaan ketika
beriklan adalah mampu membuat masyarakat sebagai konsumen untuk melakukan
pembelian atau transaksi dengan produk dan jasanya. sehingga hal tersebut dapat
menghasilkan revenue bagi perusahaan tersebut. hal yang merugikan dalam
kegiatan promosi iklan ini di mana iklan ternyata tidak efektif dan tidak mampu
menciptakan keinginan pembelian oleh konsumen, sehingga biaya yang dikeluarkan
oleh perusahaan ternyata terbuang sia-sia. untuk menghindari kerugian ketika
beriklan, tak jarang perusahaan melakukan trik komunikasi ketika beriklan. trik
komunikasi yang dilakukan menyangkut istilah yang biasanya digunakan oleh
banyak praktisi komunikkasi pemasaran dan kehumasan yaitu “Tell the truth but
not all the truth” sehingga bahasa yang digunakan sangat menarik bagi konsumen,
tapi ternyata ketika diaplikasikan, malahan banyak syarat dan ketentuan yang
harus konsumen tanggung untuk mendapatkan benefit atau promosi yang ditawarkan
dalam iklan tersebut.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar