PERTEMUAN
II
BISNIS DAN ETIKA
1.
Mitos
Bisnis Amoral
Mitos Bisnis
Amoral mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau
etika tidak ada hubungannya, berbeda dan tidak boleh dicampur adukkan. Bisnis
berorientasi untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin tanpa mengindahkan
etika dan moralitas.
- Keutamaannya etika bisnis
Keutamaan
bisa didefinisikan sebagai berikut : disposisi watak yang telah diperoleh
seseorang dan memungkinkan dia untuk bertingkah laku baik secara moral.
Kebijaksanaan, misalnya, merupakan suatu keutamaan yang membuat seseorang
mengambil keputusan tepat dalam setiap situasi.
Dalam
etika bisnis, teori keutamaan belum banyak dimanfaatkan. Keutamaan sendiri
menurut Solomon dapat dibedakan menjadi dua yaitu keutamaan untuk pelaku bisnis
individual dan keutamaan pada taraf perusahaan .
- Sasaran dan lingkup etika bisnis
Sasaran
dan lingkup pokok etika bisnis mempunyai tiga sasaran, yatiu :
1.
Sasaran yang pertama etika bisnis
sebagai etika profesi membahas tentang berbagai prinsip, kondisi dan masalah
yang terkait dengan praktek bisnis yang baik dan etis.
2.
Sasaran yang kedua yaitu untuk
menyadarkan masyarakat, khususnya konsumen, karyawan dan masyarakat luas, akan
hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapa
pun juga.
3.
Sasaran yang ketiga, etika bisnis juga
berbicara mengenai sistem ekonomi yang sangat menentukan etis tidaknya suatu
praktek bisnis. Dalam hal ini, etika bisnis lebih bersifat makro.
- Prinsip-prinsip etika bisnis
Prinsip-prinsip
etika bisnis adalah :
1. Prinsip otonomi
2. Prinsip kejujuran
3. Prinsip tidak berniat jahat
4. Prinsip keadilan
5.
Prinsip hormat pada diri sendiri
- Prinsip utama etika bisnis
Beberapa
prinsip utama dalam etika bisnis adalah :
a. Prinsip
otonomi
b. Prinsip
kejujuran
c. Prinsip
keadilan
d. Prinsip
berbuat baik adan tidak berbuat jahat
e. Prinsip
hormat terhadap diri sendiri
- Etos kerja
Etos
berasal dari bahasa Yunani; akar katanya adalah ethikos, yang berarti moral
atau menunjukkan karakter moral. Dalam bahasa Yunani kuno dan modern, etos
punya arti sebagai keberadaan diri, jiwa, dan pikiran yang membentuk seseorang.
- Realisasi Moral Bisnis
Etika
merupakan ilmu tentang norma-norma, nilai-nilai dan ajaran moral, sedangkan
moral adalah rumusan sistematik terhadap anggapan-anggapan tentang apa yang
bernilai serta kewajiban-kewajiban manusia.
Moral
(Bahasa Latin Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang
lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif.
- Pendekatan-pendekatan Stockholder
Perusahaan
berdiri dan berkembang dalam masyarakat tentunya tidak hanya mulus dan tanpa
adanya masalah dalam keseharian berjalannya perusahaan. Terkadang timbul
tekanan tekanan baik dari luar perusahaan ataupun dari dalam perusahaan.
Tekanan ini sifatnya tidak selalu buruk, terkadang tekanan justru memberikan
peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang dan membesarkan perusahaan.
Menurut
Rhenald Kasali dalam bukunya Manajemen Public Relations “Stakeholders adalah
setiap kelompok yang berada di dalam maupun luar perusahaan yang mempunyai
peran dalam menentukan perusahaan. Stakeholders bisa berarti pula setiap orang
yang mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan. Penulis manajemen yang lain
menyebutkan bahwa stakeholders terdiri atas berbagai kelompok penekan (pressure
group) yang mesti di pertimbangkan perusahaan”.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar