Nama : Sisca Ria F
NPM : 16209754
Kelas : 4 EA17
Mata Kuliah : Soft Skill Etika Bisnis
1. Tanggung Jawab Sosial
Buatlah
sebuah tulisan atau artikel mengenai tanggung jawab social perusahaan kecil
atau besar terhadap konsumen dan juga lingkungan di sekitarnya.
Jawab
Pengertian
Tanggung jawab
Tanggung
jawab adalah sebagai suatu akibat lebih lanjut dari pelaksanaan peranan, baik
peranan itu merupakan hak maupun kewajiban ataupun kekuasaan. Secara umum
tanggung jawab diartikan sebagai kewajiban untuk melakukan sesuatu atau
berprilaku menurut cara tertentu.
Saat
ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan program program tanggung jawab
sosial. Mulai dari perusahaan yang terpaksa menjalankan program tanggung jawab
sosial-nya karena peraturan yang ada, sampai perusahaan yang benar-benar serius
dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dengan mendirikan yayasan
khusus untuk program program tanggung jawab sosial mereka. Berdasarkan konsep
Triple Bottom Line (John Elkington, 1997) atau tiga faktor utama operasi dalam
kaitannya dengan lingkungan dan manusia (People, Profit, and Planet), program
tanggung jawab sosial penting untuk diterapkan oleh perusahaan karena
keuntungan perusahaan tergantung pada masyarakat dan lingkungan.
Perusahaan
tidak bisa begitu saja mengabaikan peranan stakeholders (konsumen, pekerja,
masyarakat, pemerintah, dan mitra bisnis) dan shareholders dengan hanya
mengejar profit semata. Jika perusahaan mengabaikan keseimbangan Triple Bottom
Line maka akan terjadi gangguan pada manusia dan lingkungan sekitar perusahaan
yang dapat menimbulkan reaksi seperti demo masyarakat sekitar atau kerusakan
lingkungan sekitar akibat aktifitas perusahaan yang mengabaikan keseimbangan
tersebut. Jadi, ada atau tidaknya sebuah peraturan yang mewajibkan sebuah
perusahaan yang menjalankan program tanggung jawab sosial atau tidak sebenarnya
tidak akan terlalu membawa perubahan karena jika perusahaan tidak menjaga
keseimbangan antara people, profit, dan planet maka cepat atau lambat pasti
akan timbul reaksi dari pihak yang dirugikan kepada perusahaan tersebut.
Beberapa contoh perusahaan yang telah
menerapkan program program tanggung jawab sosial antara lain :
Ø PT
Freeport Indonesia mengklaim telah menyediakan layanan medis bagi masyarakat
Papua melalui klinik-klinik kesehatan dan rumah sakit modern di Banti dan
Timika. Di bidang pendidikan, PT Freeport menyediakan bantuan dana pendidikan
untuk pelajar Papua, dan bekerja sama dengan pihak pemerintah Mimika melakukan
peremajaan gedung-gedung dan sarana sekolah. Selain itu, perusahaan ini juga
melakukan program pengembangan wirausaha seperti di Komoro dan Timika.
Ø PT
HM Sampoerna, salah satu perusahaan rokok besar di negeri ini juga menyediakan
beasiswa bagi pelajar SD, SMP, SMA maupun mahasiswa. Selain kepada anak-anak
pekerja PT HM Sampoerna, beasiswa tersebut juga diberikan kepada masyarakat
umum. Selain itu,melalui program bimbingan anak Sampoerna, perusahaan ini
terlibat sebagai sponsor kegiatan-kegiatan konservasi dan pendidikan lingkungan.
Ø PT
Coca Cola Bottling Indonesia melalui Coca Cola Foundation melakukan serangkaian
aktivitas yang terfokus pada bidang-bidang: pendidikan, lingkungan, bantuan
infrastruktur masyarakat, kebudayaan, kepemudaan, kesehatan, pengembangan UKM,
juga pemberian bantuan bagi korban bencana alam.
Contoh diatas
hanya merupakan sebagian kecil dari sedikit perusahaan di Indonesia yang telah
menerapkan program program tanggung jawab sosial. Masih banyak perusahaan yang
melihat program tanggung jawab sosial sebagai suatu program yang menghabiskan
banyak biaya dan merugikan bagi mereka. Perusahaan yang telah menjalankan
program tanggung jawab sosial pun ada yang menerapkan program tanggung jawab
sosial tersebut karena alasan untuk mengantisipasi penolakan dari masyarakat
dan lingkungan sekitar perusahaan. Masih jarang ada perusahaan yang menjadikan
program tanggung jawab sosial sebagai bagian dari perencanaan strategis
perusahaan. Mereka tidak melihat kenyataan di lapangan bahwa perusahaan yang
menjadikan menjadikan program tanggung jawab sosial sebagai bagian dari
perencanaan strategis perusahaan mempunyai corporate image yang lebih tinggi
sehingga dapat berdampak pada loyalitas yang tinggi pada baik bagi masyarakat
yang telah di untungkan oleh perusahaan tersebut juga bagi konsumen yang sering
mengandalkan corporate image dalam mengonsumsi apa yang mereka beli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar